Test Pertama Buat Daffa

Hari sabtu kemarin saya janjian ketemu Fanani. Kebetulan dia sambil antar anak-anaknya ke kursus Kumon di Menteng. Saya ajak saja Daffa (4 thn) sekalian, sambil ngobrol dengan Fanani sekalian tanya-tanya.

Saya tanya tentang informasi kursus untuk Daffa, jawabannya singkat. Daffa harus ditest dulu. Lho, belum ada informasi apapun Daffa langsung harus test. Saya penasaran, saya tawarkan ke Daffa, dia oke saja.

Daffa disuruh duduk di kursi dan meja bundar. Ibu Guru datang kemudian membawa booklet test. Dibukanya satu-satu booklet yang berisi berbagai macam hal terkait hitung-menghitung dasar.

Ini lah kali pertama saya melihat Daffa ditest. Ini adalah test berhitung dasar. Dia disuruh menghitung, membaca angka, menulis huruf, dan berbagai macam test lainnya.

Terus terang saya merasa sangat terharu dan bangga. Saya tidak pernah menempatkan Daffa untuk posisi ditest keahliannya. Dan menghadapi test yang pertama ini, Daffa kelihatan enjoy saja. Dia mengatakan apa yang dia tahu dan menjawab tidak tahu kalau memang dia tidak tahu. Kadang dia mulai tidak fokus, namun Bu Guru dengan cermat mengembalikan konsentrasi Daffa.
Ternyata apa yang dia jawab di dalam test di luar pengetahuan saya. Dia sudah bisa menyebutkan angka secara acak sampai dengan 49. Di angka 50, dia menyerah. Saya tidak tahu Daffa sudah bisa membaca sampai dengan angka tersebut. Setahu saya baru sampai angka 20. Daffa ternyata juga sangat lihai dalam hal warna dan mengingat urutan warna.

Saya melihatnya sambil terharu. Dia sungguh lucu dan membanggakan.

Hari Sabtu besok, saya harus ketemu dengan owner gerai Kumon untuk mendiskusikan hasil test Daffa. Saya belum tahu apakah saya serius ingin mengkursuskan dia matematika atau hanya kebetulan saja saya bertemu Fanani di tempat itu.

Daf, Ayah bangga sama Daffa.

Comments

Anonymous said…
Dikky, aku pernah baca di http://apiqquantum.wordpress.com/ tentang matematika buat anak-anak, menurutku sih LUAR BIASA, sayangnya belum ada di DKI, barangkali kamu tertarik buat bergabung buka di Jakarta.
Devi
Anonymous said…
[B]NZBsRus.com[/B]
Escape Slow Downloads With NZB Files You Can Swiftly Find HD Movies, Console Games, Music, Applications and Download Them @ Rapid Speeds

[URL=http://www.nzbsrus.com][B]NZB Search[/B][/URL]
Anonymous said…
It isn't hard at all to start making money online in the underground world of [URL=http://www.www.blackhatmoneymaker.com]blackhat link building[/URL], Don’t feel silly if you haven’t heard of it before. Blackhat marketing uses little-known or misunderstood ways to produce an income online.

Popular posts from this blog

Gajah Oling: Lebih Percaya pada Pengaman Swasta

Daftar Situs yang Diblokir Indosat dan Telkom

Pohonku dan Kambingmu