Gajah Oling: Lebih Percaya pada Pengaman Swasta

Mungkin anda sering baca tulisan “Gajah Oling” yang terdapat di mobil-mobil truk, baik itu di truk ukuran kecil sampai dengan tronton yang super besar. Apakah artinya Gajah Oling?

Angkutan truk adalah salah satu angkutan vital yang mendistribusikan segala macam barang. Dari kebutuhan pokok, bahan bakar, bahan baku, dan berbagai macam produk. Di lingkungan sopir dan pengendara angkutan truk, keamanan adalah prioritas nomor satu. Sepanjang rute perjalanan truk, tersebar ratusan titik rawan yang penuh dengan bajing loncat, perampok, pemalak, preman, bahkan sampai oknum petugas keamanan yang hobi minta jatah.
Bagi supir truk, petugas kepolisian bukan lagi pihak yang bisa melindungi mereka dari bahaya di atas. Tapi mereka punya pilihan perlindungan. Yaitu dengan bergabung ke dalam salah satu kelompok pengaman swasta seperti Gajah Oling.

Sulit untuk mendefinisikan apa dan siapa Gajah Oling. Karena sumber informasinya biasanya dari mulut ke mulut. Keberadaan Gajah Oling nyata, tapi apakah keberadaan mereka bisa dikonfirmasi saya pun tidak tahu. Kabarnya, Gajah Oling adalah organisasi bentukan Koperasi Kodam V Brawijaya yang bertugas memberikan jaminan keamanan bagi anggota organisasinya. Anggota Gajah Oling adalah para truk dan sopir truk yang hilir mudik mendistribusikan barang di daratan Jawa, Sumatera, dan mungkin pulau-pulau lainnya.

Dengan menjadi anggota Gajah Oling, maka keamanan akan dijamin, dan apabila terjadi musibah seperti perampokan, Gajah Oling akan mengerahkan timnya untuk melacak, menangkap, dan menghukum para pelakunya. Tentunya semuanya berjalan di luar garis-garis hukum formal. Untuk menjadi anggota Gajah Oling, setiap sopir dan truknya harus membayar iuran tahunan yang besarnya sekitar Rp 400.000,- sd Rp 600.000,-. Truk anggota Gajah Oling akan dipasangi tulisan “Gajah Oling” yang mencolok. Dengan tulisan tersebut, maka para penjahat di bumi pertiwi ini akan kecut untuk mengerjai sopir dan truknya. Kabarnya, petugas Gajah Oling pun sanggup mencari handphone sopir yang dirampok penjahat di tengah rute perjalanan.

Masih banyak lagi kelompok pengamanan swasta, atau orang juga kadang menyebutnya kelompok preman karena keberadaan mereka yang tidak resmi, yang memberikan jaminan pengamanan kepada sopir dan truknya. Biasanya mereka beroperasi berdasarkan daerah asal mereka. Kalau Gajah Oling berasal dari wilayah Jawa Timur, ada Sigada, singkatan dari Sinar Garuda, yang kabar burungnya adalah bentukan Koperasi Kodam IV Diponegoro Jawa Tengah. Di wilayah Tasik Malaya ada yang namanya Kotikam. Mereka beroperasi di wilayah tersebut dan memasang stiker di kendaraan yang menjadi anggota mereka. Selain itu ada Kopjasi yang beroperasi di Wilayah Banjar Negara, Topan di wilayah Tegal dan Pantura, dan Korprin di Wilayah Semarang. Di wilayah lain masih banyak lagi nama-nama kelompok pengaman swasta yang belum dapat saya sebutkan.

Masing-masing kelompok pengaman swasta mencoba meluaskan jaringan mereka dengan aktif dan agresif mendatangi truk yang belum berstiker. Terkadang mereka terkesan memaksa agar sopir membayar biaya pengamanan. Tapi ada juga yang tidak keberatan kalau sopir hanya membeli minuman dalam kemasan yang menjadi dagangan mereka.
Keberadaan mereka memang diperlukan. Sopir merasa lebih aman kalau sudah menjadi bagian dari salah satu organisasi mereka. Daripada harus berharap kepada polisi, jasa pengamanan swasta memang lebih dapat diandalkan oleh sopir yang hilir mudik di jalanan dengan truk dan angkutan mereka.

Jadi, apakah sedan anda juga akan ditempel stiker Gajah Oling?

Comments

maka terpecahkan sudah penasaranku soal gajah oling..... tfs
Anonymous said…
Wah, ceritanya komplit soal jasa pengaman swasta. Saya kebetulan wawancara sama sopirnya langsung. Sama-sama berguna info ini mas. Thanks
Anonymous said…
ada lagi "RODHA KOMPAD" di daerah demak kudus pati semarang rembang... pantura sana2lah...
kebetulan bapak saya ikut yang ini, dipaksa gitu.. kita ada 5 truk... tapi ga jamin tu akan aman
Tomi Utomo said…
yupz...
.
Gajah Oling itu mafia kalo di Indonesia..
mantap!!
brindil banjar said…
klau stiker kaya kopjasi gajah oling ada ga yah,buat sepeda motor mobil colt
Anonymous said…
Saya pengendara motor, ada gak sticker "Motor Oling" ???
Anonymous said…
MALING nya ya dia, RAMPOK nya ya dia.. jelas aja dia tau siapa pelakunya, dan setelah setor ya ngga dirampok lagi lahh.. memang negara premannn....
ada gak keamanan baut fixieder...."goes oling"
Unknown said…
Pilihan tepat drpd ngandelin yg lelet
gajaholing said…
gajah oling sekarang ganti metode usaha :)

kunjungi website kami
ndolem said…
wah gitu ya critanya..
Anonymous said…
bos nya bawak panther merah (dulu)

Popular posts from this blog

Daftar Situs yang Diblokir Indosat dan Telkom

Pohonku dan Kambingmu