JoomFish: Ngeblog dengan Bahasa Inggris

Fatih Syuhud di dalam blognya mendorong blogger Indonesia untuk ngeblog dengan bahasa Inggris. Dengan berbahasa Inggris, maka blog akan semakin banyak dibaca oleh warga dunia dan mengenalkan Indonesia kepada pembaca dunia tersebut.

Saya sangat tertarik dengan pendapatnya dan ingin sekali untuk ngeblog dengan bahasa Inggris. Tapi ya... tidak mudah juga. Nulisnya sudah susah, pakai bahasa Inggris lebih susah. Tapi saya tidak menyerah, saya akan coba terus.

Itulah kenapa di blog saya www.dikkyzulfikar.com saya beri motto "From word to word to share the world the unique of Indonesia, from blog to blog to share the globe the voice of Indonesian". Kalimat pertama adalah bentuk dari keseriusan saya untuk mengikuti anjuran Fatih Syuhud. Walau pun belum bisa sekarang, tapi on going lah.

Sedangkan kalimat kedua adalah visi saya untuk membuat komunitas blogger yang mempunyai tekad yang sama untuk berbahasa Inggris dan membagi suara kita kepada dunia. Itu lah kenapa kemudian saya ciptakan logo Indonesia-Inside. Paling tidak logo tersebut adalah bendera yang akan saya gunakan untuk menggalang kekuatan blogger Indonesia untuk berbahasa Inggris. Kira-kira itu lah konsep awalnya. Jadinya seperti apa, nanti kita lihat, saya juga masih bingung, hi hi.

Nah apa itu JoomFish?, JoomFish adalah komponen menakjubkan yang membuat web saya menjadi dua bahasa. Dengan memasang JoomFish, maka posting tertentu bisa saya lengkapi dengan terjemahan bahasa Inggrisnya. Belum semua posting, karena menterjemahkan juga pekerjaan yang berat. Dalam hal tersebut, saya dibantu oleh rekan saya yang baik, Emma, untuk menterjemahkan posting-posting yang ada.

Yah masih belum semua posting mempunyai versi bahasa Inggrisnya, tapi paling tidak sekarang, ada posting yang bisa dibaca oleh orang yang tidak mengerti bahasa Indonesia. Terimakasih JoomFish.

Comments

Popular posts from this blog

Gajah Oling: Lebih Percaya pada Pengaman Swasta

Daftar Situs yang Diblokir Indosat dan Telkom

Membunuh Busway