Informasi yang Tidak Informatif

Kalau kita masuk ke bank-bank konvensional, sangat lazim kita menemukan papan yang bertuliskan informasi tingkat suku bunga tabungan atau deposito sekaligus harga valutas asing. Informasi tersebut adalah informasi detil tentang tingkat pengembalian bagi nasabah yang ingin melakukan investasi dalam tabungan maupun deposito.

Kemarin saya ke Bank Muamalat, saya melihat papan yang sama, tapi repotnya informasi yang disediakan sama sekali tidak memberikan informasi tentang tingkat pengembalian bagi nasabah. Yang disampaikan dalam papan tersebut adalah nisbah (rasio) bagi hasil. Sebagai contoh: Deposito 1 bulan nisbah 50:50 (artinya 50% untuk bank dan 50% untuk nasabah).

Saya garuk-garuk kepala. Informasinya benar-benar tidak informatif. Yang saya butuhkan adalah berapa “perkiraan” pengembalian yang didapatkan saya apabila saya menanamkan dana dalam tabungan Bank Muamalat. Tentu saja pengembalian tersebut harus ekuivalen dengan bunga bank sehingga saya mudah membandingkannya. Nisbah tidak bisa menunjukkan hal tersebut.

Tapi untunglah ada Customer Care yang dengan sigapnya segera menjelaskan kepada saya bagaimana cara memahami perkiraan pengembalian dari investasi di Bank Muamalat.
Singkat kata, setelah dijelaskan, saya tetap ngotot bahwa papan yang digantung di tembok bank tersebut tidak memberikan informasi yang seharusnya. Petugas Bank setuju dan mengatakan memang seharusnya informasinya tidak demikian dan Bank berencana untuk menggantinya.

Sebagai informasi bagi pembaca, deposito satu bulan di Bank Muamalat untuk bulan Desember 2007 adalah ekuivalen dengan 8,05% pertahunnya. Bandingkan dengan bank konvensional yang berkisar antara 5% - 6,5% pertahunnya. Menarik bukan?

Comments

WURYANANO said…
Halo Mas Dikky, apa kabar?
Senang kenalan dengan anda.
Blog anda juga informatif sekali isinya. Bagus.

Salam,
Wuryanano

Popular posts from this blog

Gajah Oling: Lebih Percaya pada Pengaman Swasta

Daftar Situs yang Diblokir Indosat dan Telkom

Membunuh Busway