Designer atau Developer

Dalam membangun situs berbasi Joomla, saya meminta bantuan designer. Pada awal pembicaraan saya sudah me-list apa saja yang harus ada dalam situs saya termasuk di dalamnya ada tempat untuk membuat komentar, ada tempat untuk Shoutbox, ada tempat untuk counter, cara pengkategorian tulisan, arsip dan sebagainya.

Nah setelah jadi designnya, ternyata yang saya harapkan seperti di atas tidak ada. Menurut rekan saya yang membantu design, pekerjaan design adalah membuat tampilan muka web. Sedangkan memasang komentar, shoutbox dan lain-lain yang kemudian disebut component dan module adalah tugas developer.

Tuing, saya baru mengerti pembedaan tugas seperti itu. Yah terpaksa deh saya harus keriting belajar tentang memasang component dan module. Instalasi Joomlafish, instalasi module komentar, sampai ke mambot (apa lagi tuh) terpaksa saya lakukan sendiri dengan berpeluh-peluh.

Sampai sekarang, saya belum puas dengan web saya. Masih banyak yang pengin didevelop tapi terbentur kepada kemampuan saya. Saya sudah berusaha cari tutorial dan berusaha memahaminya, tapi ya dasar akuntan. Perlu dua hari untuk instal Joomfish. Sampai sekarang modul Shoutbox harus saya turunkan lagi karena tidak bisa berfungsi. Tulisannya juga tidak tampak rata, dst.

Tapi walaupun perlahan, saya tetap belajar. Saya cuma masih berharap ada bantuan dari Fire Dept untuk memadamkan kepala saya yang pening mikirin Joomla.

Comments

apung said…
selamat bergabung di Joomla Pak.. hehehe.. satu lagi anak STAN yang nyasar di Joomla
apung said…
oh iya satu lagi, gak ada salahnya untuk ikut http://forum.joomla.org disitu ada forum Indonesia (letaknya di bagian international forum)
apung said…
eh, iyah.. coba mampir ke extensions.joomla.org disitu sudah dikategorikan kok, mulai dari component, modules, mambots, bahkan sampai extensions specific plugin ada disitu
Dikky Zulfikar said…
Pak Apung, wah seneng banget nih anda mampir. Anda kan salah satu Akuntan yang jago IT.

Saya sudah beli buku joomla, ikut milis joomla-id yang sepi banget, ikut milis joomla internasional yang juga sepine pol, sudah coba2 extention.joomla juga. dan ikut forum id.joomla.

Mungkin jam belajarnya kurang banyak pak. Pak saya boleh kan nanya2 ke anda nantinya.
apung said…
wah, jangan panggil saya Pak dong.. saya cuma "anak baru kemaren" loh..

iya, tenang aja.. saya siap membantu dengan excelent service :p

Popular posts from this blog

Gajah Oling: Lebih Percaya pada Pengaman Swasta

Daftar Situs yang Diblokir Indosat dan Telkom

Pohonku dan Kambingmu