Wednesday, January 02, 2008

Toko Buku Diskon

Tanggal 29 Desember 2007 sampai dengan tanggal 4 Januari 2008 ini Gramedia memberikan diskon 30% untuk semua produk kecuali elektronik. Pesta diskon tersebut bersamaan dengan grand opening renovasi Gramedia Matraman. Di koran saya baca, Gramedia Matraman adalah toko buku terbesar di Asia Tenggara. Wow. Saya sangat salut atas komitmen Gramedia dalam memberikan kenyamanan untuk pencinta buku di Jakarta pada khususnya, dan turut berbangga berdekatan dengan toko buku terbesar di Asia Tenggara.

Acara pesta diskon tersebut disambut sangat meriah oleh warga Jakarta dan sekitarnya. Kendaraan pengunjung toko buku membludak membuat macet jalan Matraman. Dari tanggal 29 sampai dengan tanggal 1 Januari 2008, saya amati kendaraan yang parkir sangat banyak. Mungkin keramaian tersebut bisa menandingi pameran buku yang sering diadakan di Istora Senayan.

Bagaimana tidak, 30% adalah diskon yang sangat lumayan. Apalagi bukan hanya untuk buku, tapi untuk produk yang lainnya. Saya lihat ada yang memborong berbagai produk selain buku, seperti pena mahal Mont Blanc.

Berbicara tentang diskon yang diberikan Gramedia untuk buku, ada beberapa tempat yang perlu diketahui untuk mendapatkan diskon yang lumayan. Di Yogyakarta, buku diskon dapat ditemukan di beberapa tempat seperti di toko buku Toga Mas. Hampir seluruh buku didiskon 20%-30% dari harga banderol. Buku di Toga Mas dijamin asli. Toko buku ini tidak seperti buku di Palasari Bandung atau di Pasar Senen. Di kedua tempat tersebut dikenal sebagai tempat pembajakan buku. Jadi tidak heran apabila dijual lebih murah dari banderol. Di Yogyakarta, selain di Toga Mas, ada beberapa toko lagi yang menjual dengan diskon, kalau tidak salah namanya toko buku Sosial dekat dengan Galeria. Jangan lupa juga untuk berkunjung ke pasar buku Shopping, yang berlokasi di belakang benteng di Malyoboro.

Di Jakarta juga ada toko buku murah, di daerah pasar Senen juga tapi bukan di lapak-lapak kaki lima. Toko buku diskon tersebut terletak di ruko belakang bioskop di perempatan Senen. Masuk ke dalam komplek ruko dari perempatan senen ke arah kramat, dekat warung kaki lima masakan Padang. Toko-toko buku di komplek ruko tersebut kebanyakan adalah pedagang grosir sehingga berani memberikan diskon 20%-30%. Jangan kuatir, bukunya dijamin asli.

Buat rekan-rekan pencinta buku, mohon ditambahkan informasi toko buku diskon di kota kita. Sekaligus dikoreksi apabila ada yang salah. Semoga dengan mengetahui ada toko buku diskon, kita tambah semangat untuk berbelanja buku.

3 comments:

Tutiek said...

Masukan sedikit nih, untuk cari diskon buku sekaligus mencari buku-buku sepertinya momen pameran bisa memuaskan para pecinta dan pencari buku. Di Jakarta sendiri, banyak momen buku yang rutin diadakan. Islamic book fair biasanya sekitar awal tahun, Maret or April, Jakarta book fair sekitar akhir tahun dan International book fair sekitar pertengahan atau akhir tahun. Diskon yang ada bisa sampai 70%, bahkan ada buku-buku yang dihargai langsung sampai 5.000 rupiah.

Selain buku-buku, biasanya juga dijual berbagai hal lain seperti mainan anak-anak, serta jilbab atau perlengkapan muslim seperti di Islamic book fair. Selain itu juga biasanya ada temu pengarang. Pameran-pameran buku itu biasanya diadakan setahun sekali di Gedung Geloran Senayan or Jakarta Conventional Centre Senayan.

Untuk buku kedokteran, toko buku yang menjual buku kedokteran import dan lokal biasanya memberikan diskon adalah toko buku Tawakal, toko Sagung Seto. Toko buku Tawakal yang terletak di jalan Tawakal Grogol bisa memberikan diskon hingga 30% sampai 50% tergantung edisi buku, sedangkan toko Sagung Seto yang terletak di jalan Pramuka biasanya hanya 10%. Toko buku lain adalah toko buku Cita di daerah Grogol juga, tapi biasanya tidak memberikan diskon kecuali momen tertentu. Pengalaman saya di toko buku Tawakal, saya pernah membeli buku kedokteran baru import yang jumlahnya cukup banyak untuk saya dan teman-teman saya dan saat itu harga satu bukunya bisa sampai 700-an ribu. Tapi berhubung saya membeli lebih dari 10 buku, saya bisa mendapatkan harga perbuku hanya 400-ribuan dan saya sebagai perantara mendapat gratis bonus buku kedokteran lain. Bahkan kalau saya bisa mendapatkan teman-teman lain hingga buku yang dibeli sampai berjumlah 25, penjual toko akan memberikan masing-masing orang bonus buku kedokteran lain juga. Fantastik bukan ?
Toko buku itu juga biasanya menjual alat-alat kedokteran.
Saat ini toko Sagung seto buka outlet di gedung FKUI SAlemba di sebelah perpustakaan FKUI.
Toko buku lain yaitu di toko Paung Bona di ruko perempatan Senen. Juga bisa memberikan diskon sekitar 10% an. Untuk buku-buku bajakan yang kualitasnya kurang baik, bisa juga dibeli di kaki lima perempatan Senen, tentu harus ditawar lebih-lebih-lebih murah.
Tempat lain untuk buku kedokteran adalah membeli langsung di penerbit yaitu di Balai Penerbit FKUI di gedung FKUI Salemba. Untuk mahasiswa kedokteran , biasanya diskon langsung hingga 15%. Untuk buku terbitan Pusat Informasi dan Penerbitan bagian Ilmu Penyakit Dalam FKUI bisa langsung dibeli juga di penerbit yaitu di salah satu ruang di rumah sakit Cipto Mangunkusumo. Untuk mahasiswa kedokteran juga bisa didiskon hingga 15%.

Ada masukan atau koreksi ?

Anonymous said...

Hallo...sebenernya toko buku Cita juga memberikan diskon tergantung jenis bukunya apa. dan Cita juga bis a kasih buku gratis dengan pembelian banyak juga...

Anonymous said...

Kamu juga bisa gabung kesini untuk cari buku2 super murah :
http://www.facebook.com/?ref=home#!/group.php?gid=118824898129797&ref=ts