Ayam Bakar Depo Prima, Tumis Lorjuk, & Kepiting Gembos Kremes Restoran RIA


Ada kesempatan kembali mampir di Kota Pahlawan, juga berarti kesempatan mampir ke dua resto yang sudah lama tidak dikunjungi. Yang pertama adalah Depot Prima (Restoran Prima Rasa) yang terletak di Jalan Gubeng . Depot Prima siang itu sangat ramai. Makanannya memang lengkap, enak, ruangannya nyaman, dan harganya pas.

Yang sangat saya sukai di Depot Prima adalah ayam bakar dan bandeng bakar cabut durinya. Ayam bakarnya lunak dan agak manis, cocok dengan selera saya. Demikian juga dengan bandeng bakarnya. Sayangnya, menurut saya bandeng bakarnya tidak seenak bandeng prestonya Semarang. Tapi, bagaimanapun bandeng bakar ini tetap istimewa.

Depot Prima terkenal unik dalam memberikan harga. Cetakan menu dilengkapi harga yang dibagi menjadi dua harga, harga sebelum diskon dan harga setelah diskon. Jadi artinya, di Depot Prima, berlaku harga diskon sepanjang masa.

Restoran Ria, terletak di Jalan Kombes Pol. M. Duryat, dekat dengan Hotel Hyatt. Ria menyajikan makanan yang belum pernah saya jumpai di tempat lainnya, yaitu tumis lorjuk. Lorjuk adalah sejenis kerang laut. Bentuk kerangnya memanjang. Lorjuk dimasak tumis dan pedasnya sangat terasa. Selain tumis lorjuk, ada Kepiting Gembos Kremes. Kepiting Gembos adalah kepiting yang tidak mempunyai cangkang. Orang sering bilang kepiting tersebut adalah kepiting cacat. Sering juga disebut sebagai Kepiting Soka. Kepiting Gembos dimasak kremes dibalut bumbu tepung. Enak sekali dengan dicolekkan ke sambalnya. Kepiting Gembos Kremes disajikan tanpa kaki-kakinya. Makan kepiting ini tidak perlu effort khusus. Cukup diiris dengan sendok, maka bisa dinikmati semuanya, karena tanpa cangkang.

Sate sapinya juga sangat empuk dan lunak. Sate ini sering disebut sate laler, atau sate lalat. Karena, dahulu banyak penjual sate sapi kaki lima dan satenya sering dirubung laler.

Apa makanan favorit Anda di Kota Pahlawan?

Comments

Popular posts from this blog

Gajah Oling: Lebih Percaya pada Pengaman Swasta

Daftar Situs yang Diblokir Indosat dan Telkom

Pohonku dan Kambingmu