Kita Untung, Bangsa Juga Untung

Saya cukup terkejut ketika mengetahui ternyata saya bisa memilih merk oli mesin di Auto 2000. Saya pikir Auto 2000 hanya menggunakan oli merk Toyota di bengkelnya. Tanpa pikir panjang saya menyebut Fastron, oli sintetik produksi Pertamina sambil menyampaikan kata-kata “kita untung, bangsa untung”. Petugas Auto 2000 pun tersenyum.

Saya terpaksa sangat membatasi penggunaan kartu kredit Citibank sebagai alat pembayaran. Walaupun program dan kemudahan yang ditawarkan Citibank sangat menarik, namun secara sadar saya mengalihkan transaksi ke kartu kredit Mandiri. Hitung-hitung, biarlah Mandiri yang sedikit mengambil untung dari transaksi saya.

Saya pun berjanji pada diri saya untuk tidak masuk ke pom bensin Shell maupun Petronas, kecuali dalam kondisi sangat terpaksa. Buat saya, Pertamax tidak tergantikan oleh produk apapun dari kedua retailer BBM asing di atas. Bahkan, keinginan belanja ke Carrefour pun harus saya tahan, dan saya belokkan ke Tip Top yang dimiliki pengusaha lokal maupun Hypermart yang dimiliki grup Matahari.

Dalam rencana mengganti laptop pun, saya sudah mengincar merk-merk lokal seperti Zyrex dan Axio untuk dijadikan pilihan. Saya sudah yakin, produk lokal tersebut pasti bisa diadu kualitasnya. Lagi pula, produk tersebut lebih ekonomis dengan fitur yang lebih baik.

Apabila dihadapkan pilihan dalam memilih produk sehari-hari seperti sabun, saya selalu pilih produk lokal seperti milik Wings Grup dibandingkan dengan produk-produk Unilever. Saya pun tidak pernah mau membeli susu impor sementara banyak produk susu lokal yang jauh lebih baik.

Saya percaya, dengan menumbuhkan kecintaan terhadap produk lokal, maka saya berperan nyata dalam pembangunan dan kemajuan bangsa. Saya tidak merasa ada kepuasan yang saya korbankan karena memilih produk lokal. Saya sangat rasional, karena kalau memang tidak ada produk lokal yang baik, maka saya memilih produk impor. Namun apabila bangsa ini sudah mampu memproduksi, maka serta merta saya memihak untuk membelinya. Saya percaya tag line iklan Pertamina, dengan membeli merk lokal maka “kita untung, bangsa untung”.

I love you, Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Gajah Oling: Lebih Percaya pada Pengaman Swasta

Daftar Situs yang Diblokir Indosat dan Telkom

Pohonku dan Kambingmu